A Multimodal Discourse Analysis Of Views On Middle Eastern Muslim Women Depicted In The Nike Online Commercial
Main Author: | Latifah,, Zulfa Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166567/1/ZULFA%20NURUL%20LATIFAH.pdf http://repository.ub.ac.id/166567/ |
Daftar Isi:
- Munculnya media digital baru membuat masyarakat menggunakan kombinasi semiotik atau multimodalitas yang sangat kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media digital baru yang menggunakan kekayaan semiotik adalah komersial online. Peneliti melakukan analisis wacana multimodal pandangan terhadap wanita Muslim Timur Tengah yang digambarkan di komersial online Nike. Terdapat dua masalah yang harus dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana kekayaan semiotik pada komersial online Nike membentuk arti; (2) pesan apa yang dibawa oleh pengiklan Nike kepada penonton dalam membangun pandangan terhadap wanita Muslim Timur Tengah. Kedua masalah penelitian dijawab menggunakan teori tata bahasa visual dari Gunther Kress dan Theo van Leeuwen (2006). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena ditandai dengan tujuannya yang berhubungan dengan pemahaman beberapa aspek kehidupan sosial, dan dengan metodenya menghasilkan kata-kata daripada angka-angka sebagai data untuk analisis. Peneliti mengambil salah satu komersial online Nike yang terbaru di tahun 2017. Komersial tersebut diambil dari saluran YouTube NikeWomen. Penelitian ini mengungkap bahwa pandangan Nike terhadap wanita Muslim Timur Tengah pada komersial online Nike ditentukan oleh interaksi antara berbagai macam modalitas untuk membentuk tiga jenis makna: makna representasi, makna interaktif dan makna komposisi. Merujuk pada makna-makna tersebut, peneliti juga menemukan pesan yang dibawa oleh pengiklan Nike. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua unsur visual dan unsur verbal berkontribusi untuk memahami isi dari komersial online tersebut dan membantu penonton untuk lebih kritis mengenai maksud dari Nike. Peneliti menyarankan kepada peneliti yang akan datang untuk mencari jenis komersial yang berbeda. Akan lebih baik untuk melakukan analisis terpadu dengan cara mengombinasikan aspek linguistik dan non-linguistik. Dengan demikian, fokus dari penelitian selanjutnya akan dilakukan secara merata pada analisis verbal, visual dan audial.