Utilizing Movie In Teaching And Learning Narrative Text To Elaborate Students' Writing Skill Of Tenth Grade (Case Study) At Sman 1 Turen

Main Author: Febriana, Ira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166552/
Daftar Isi:
  • Media merupakan sebuah alat yang digunakan agar para siswa lebih mudah memahami materi. Media juga berfungsi untuk menarik perhatian para siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Film adalah salah satu media pembelajaran yang mempunyai banyak tokoh didalamnya yang dibungkus dalam cerita yang menarik. Film dimulai dengan pengenalan tokoh dilanjutkan dengan terjadinya konflik atau permasalahan, dan diakhiri dengan penyelesaian dari masalah tersebut. Susunan organisasi tersebut sama dengan yang terdapat pada teks narasi. Penelitian ini meneliti tentang penggunaan film dalam pembelajaran teks narasi. Peneliti fokus kepada langkah yang dilakukan oleh guru bahasa inggris dalam menggunakan film untuk mengajar tentang teks narasi, serta bagaimana respon para siswa mengenai hal tersebut. Desain penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus yang dideskripsikan secara kualitatif. Sedangkan untuk partisipannya adalah guru bahasa inggris dan siswa-siswi di kelas X-MIPA 7 SMAN 1 Turen. Peneliti menggunakan tiga macam instrumen dalam proses penelitian ini, yaitu observasi kelas, wawancara dengan guru bahasa inggris, serta kuesioner untuk siswa kelas X-MIPA 7. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa guru bahasa inggris melakukan tiga langkah ketika menggunakan film dalam mengajar teks narasi. Disamping itu, 48% siswa kelas X-MIPA 7 merespon film tersebut sangat menarik, sesuai, dan efektif untuk mereka; 32% siswa merespon bahwa teks pada film susah dimengerti, namun mereka tetap memahami isi film serta dapat menganalisisnya dengan melihat gambar film; 16% merespon sulit ketika menganalisis, namun mereka menyukai kegiatan menonton film; 3% merespon kesulitan ketika kegiatan pembelajaran menggunakan film. Bagi guru yang akan datang, memilih media yang sesuai, menarik, serta efektif bagi siswa sangatlah penting. Terakhir, saran untuk paeneliti yang akan datang, penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam penelitian selanjutnya, dapat juga dikembangkan dengan subjek dan metode penelitian yang berbeda.