The Use Of English As A Medium Of Instruction In An Efl Class Of An Indonesian Secondary School: A Case Study At Sman 3 Malang
Main Author: | Hidayat, Andhika Fitrayana Iskandarsyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166533/1/Andhika%20Fitrayana%20Iskandarsyah%20Hidayat.pdf http://repository.ub.ac.id/166533/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris berperan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena bahasa Inggris adalah bahasa International yang dapat membantu perkembangan pembelajar. Penggunaan bahasa Inggris sangat minim digunakan di negara yang bahasa kesehariannya bukan bahasa Inggris namun untuk mengembangkan kualitas seorang pembelajar, bahasa Inggris perlu dikuasai dengan baik. Sehubungan dengan penggunaan bahasa Inggris, materi dan penggunaan bahasa Inggris di sekolah menengah ke atas sangat minim sedangkan pembelajar harus menguasai bahasa itu dengan baik agar kedepannya pembelajar tidak kesulitan menggunakan bahasa Inggris dan pembelajar dapat bersaing di ranah International. Dengan mempertimbangkan pentingnya penggunaan bahasa Inggris, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan bahasa Inggris pada sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative dalam mengambil data dan menggunakan desain studi kasus yang berusaha menggambarkan secara dalam penggunaan bahasa Inggris. SMAN 3 Malang dipilih sebagai lokasi penelitian yang diketahui SMAN 3 Malang sebagai salah satu sekolah favorite di Malang. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris dan siswa kelas XI jurusan IPS. Di dalam proses mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan validitas data yang diperoleh, proses triangulasi diterapkan oleh peneliti untuk pemeriksaan silang (cross checked) terhadap semua data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa Inggris di sekolah menengah atas kususnya di SMAN 3 Malang berjalan secara baik dan lancar. Pemilihan dan penyampaian materi yang diberikan oleh guru berjalan sangat baik dan objek pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Guru mayoritas menggunakan bahasa Inggris ketika proses belajar mengajar terjadi dan murid berinteraksi juga menggunakan bahasa Inggris. Secara tidak langsung lingkungan yang diciptakan oleh guru dan murid adalah lingkungan yang sangat baik untuk belajar bahasa Inggris dan secara natural murid belajar bahasa inggris dengan materi dan contoh penggunaan bahasa inggris yang diterapkan oleh guru dengan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru untuk selalu mengembangkan dan mengevaluasi ketika guru mengajar menggunakan bahasa Inggris agar murid dapat mencontoh dengan benar baik cara berbicaranya maupun tata bahasanya ketika menggunakan bahasa Inggris. Untuk sekolah, penelitian ini dapat mengevaluasi bagaimana penggunaan bahasa Inggris yang digunakan oleh guru ketika proses belajar mengajar berlangsung. Untuk peneliti lain, penelitian ini dapatix dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya dan peneliti menyarankan agar mendengarkan pandangan guru dan murid terhadap penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran.