Error Analysis Dalam Roleplay Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Dalam Mata Kuliah Kaiwa Dai 3
Main Author: | Suhargo, Naufal Pandu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166528/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Error Analysis dalam Roleplay yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Dalam Mata Kuliah Kaiwa Dai 3”. Bahasa Jepang dan bahasa Indonesia memiliki struktur bahasa dan kalimat yang berbeda. Dalam mata kuliah Kaiwa Dai 3 mahasiswa diajarkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Dan di dalam mata kuliah Kaiwa Dai 3 mahasiswa diharapkan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam mata kuliah Bunpou (tata bahasa) 3 dalam bentuk role-play. Error Analysis merupakan teknik untuk mengukur kemajuan pembelajaran bahasa dalam bentuk analisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Kridalaksana tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan goi dan bunpou apa saja yang terjadi dalam roleplay yang dilakukan oleh mahasiswa dan bagaimana cara mengajar/shidou pointo (指導ポイント) yang tepat agar tidak terjadi kesalahan yang sama kedepannya. Shidou pointo akan dikutip dan diadaptasi dari buku Kisou Hyougen 50 To Sono Oshiekata dan Nihongo Kyouikugaku Manabu Hito no Tameni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala, atau keadaan dilakukan dalam setting yang alamiah tanpa adanya intervensi apa pun dari peneliti. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa : Dari 51 naskah roleplay terdapat 70 kesalahan yang berupa 30 kesalahan goi dan 40 kesalahan bunpou. Dan dari kesalahan tersebut dikategorikan menjadi 4 jenis, kategori pertama terdapat 8 kesalahan berjenis local error dan kesalahan antar bahasa, 56 kesalahan berjenis local error dan kesalahan dalam bahasa, 3 kesalahan termasuk dalam global error dan kesalahan dalam bahasa, dan 2 kesalahan berjenis global error dan kesalahan antar bahasa. Dari hasil kesimpulan analisis kesalahan roleplay terdapat bermacam macam cara mengajar / shidou pointo. Cara yang paling umum dan sering digunakan adalah dengan cara membuat mahasiswa melakukan latihan kaiwa atau menulis contoh kalimat berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan bunpou dan goi yang sama. Adanya shidou pointo yang lain seperti membuat mahasiswa membaca kalimat dengan lantang agar tubuh dan pikiran lebih dapat terbiasa dengan goi dan bunpou yang sedang dipelajari.