Pertentangan Giri Dan Ninjou Tokoh Okaasan Dalam Film Okaasan No Ki (Mother’s Trees) Karya Sutradara Itsumichi Isomura

Main Author: Vanessa, Reyna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166508/1/Reyna%20Vanessa.pdf
http://repository.ub.ac.id/166508/
Daftar Isi:
  • Kontrol sosial diperlukan dalam masyarakat untuk mencegah adanya konflik antar individu. Hukum dan norma diciptakan oleh masyarakat untuk menjadi alat kontrol sosial. Konsep giri adalah konsep mengenai pembayaran hutang budi yang dijadikan sebagai alat kontrol sosial dalam kehidupan masyarakat Jepang. Film Okaasan no Ki karya Itsumichi Isomura adalah salah satu film Jepang yang mencerminkan konsep giri. Tokoh utama bernama Okaasan menunjukkan bagaimana konsep giri yang harus dilaksanakan masyarakat kerap kali bertentangan dengan perasaan manusiawi individu yang disebut sebagai ninjou. Penelitian ini menganalisis tentang pertentangan antara giri dan ninjou pada tokoh Okaasan dalam film tersebut. Untuk menelitinya, penulis menggunakan teori antropologi sastra dan penjelasan konsep giri dan ninjou. Selain itu, penulis juga menggunakan mise-en-scene dan sinematografi. Mise-enscene dan sinematografi digunakan untuk menganalisis adegan-adegan pada film. Penelitian ini menemukan tiga peristiwa yang menunjukkan adanya pertentangan giri dan ninjou pada tokoh Okaasan. Tiga peristiwa tersebut adalah pertentangan giri dan ninjou Okaasan ketika Makoto akan diadopsi, pertentangan giri dan ninjou Okaasan ketika Goro akan pergi berperang, dan pertentangan giri dan ninjou Okaasan ketika menolong seorang pembelot negara. Untuk mengatasi pertentangan giri dan ninjou, dari tiga peristiwa dua diantaranya Okaasan lebih memilih mengutamakan ninjounya dibandingkan melaksanakan girinya.