Teaching Speaking Using Story Telling At Smp Brawijaya Smart School, Malang (A Classroom Action Research At 8th Grade In Smp Brawijaya Smart School, Malang)

Main Author: Harcis, Agasa Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166488/
Daftar Isi:
  • Kurikulum di Indonesia menuntut siswa untuk dapat mengungkapkan pemikiran melalui berbicara (speaking). Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, siswa perlu menata pemikiran mereka untuk membantu mereka berbicara secara lebih terorganisir. Storytelling diaplikasikan dalam studi ini untuk membantu para siswa untuk menyusun pemikiran mereka sehingga mereka setidaknya tahu apa yang akan di ucapkan. Maka dari itu, penulis melakukan studi untuk meningkatkan kemampuan speaking pada para siswa kelas 8 di SMP Brawijaya Smart School, Malang. Studi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai wasah untuk penerapan teknik storytelling. Ada 12 anak yang terpilih secara acak sebagai sampel. Penulis menggunakan pre-test dan post-test untuk mengumpulkan data sehingga penulis dapat mengukur kemampuan para siswa sebelum dan sesudah teknik storytelling di terapkan. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan adanya peningkatan pada kemampuan speaking para siswa. Peningkatan yang di alami oleh siswa paling pesat ditemukan pada aspek kefasihan. Mereka menjadi lebih percaya diri dan meminimalisir keraguan. Jumlah siswa yang lulus kriteria ketentuan minmal meningkat dari 75% menjadi 91% yang mana, angka tersebut lebih tinggi dari criteria kelulusan studi ini, yaitu 80%. Selain itu, nilai rata-rata juga meningkat dari 75.93 menjadi 76.39.