Accounting Students’ Attitudes towards English Learning at Faculty of Economic and Business
Main Author: | Zikri, M. Muslichuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166431/ |
Daftar Isi:
- Sikap menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi seseorang ketika belajar sebuah bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti ingin meneliti sikap mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Brawijaya terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana sikap mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Brawijaya terhadap pembelajaran bahasa Inggris dalam aspek kognitif?; (2) Bagaimana sikap mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Brawijaya terhadap pembelajaran bahasa Inggris dalam aspek afektif?; dan (3) Bagaimana sikap mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Brawijaya terhadap pembelajaran bahasa Inggris dalam aspek konatif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penulis menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah 1150 mahasiswa Ilmu Akuntansi Universitas Brawijaya. Kemudian, penulis mengambil 100 siswa sebagai sampel penelitian. Penulis mengadopsi kuesioner Jafre untuk digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Setelah mengumpulkan data dari siswa, penulis menganalisis data dengan menggunakan Microsoft Excel. Kemudian, penulis memberikan skor rata-rata sikap untuk mengetahui hasil akhir sikap mahasiswa terhadaap pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata komponen kognitif adalah 3,43, skor rata-rata komponen afektif adalah 2,90, skor rata-rata komponen konatif adalah 2,88, dan skor rata-rata dari keseluruhan sikap adalah 3,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris dalam hal kognitif, tetapi untuk aspek afektif dan konatif siswa mendapat sikap negatif terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Untuk keseluruhan sikap mereka menunjukkan sikap positif dikarenakan nilai rata – rata sikap adalah >3. Penulis menyarankan agar guru bahasa Inggris harus lebih memperhatikan pentingnya sikap siswa untuk meningkatkan pembelajaran bahasa.