Bentuk Motivasi Belajar Dalam Anime Haikyuu!! Season 2 Karya Sutradara Susumu Mitsunaka
Main Author: | Khoiriyah, Siti Miftakhul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166422/ |
Daftar Isi:
- Motivasi merupakan sebuah keinginan atau dorongan yang sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia, termasuk dalam hal belajar di sekolah. Motivasi belajar di sekolah tidak hanya terpaku pada hal akademik. Namun, hal nonakademik juga perlu diperhatikan. Anime Haikyuu!! karya sutradara Susumu Mitsunaka menggambarkan kegiatan belajar siswa-siswa SMA Karasuno pada klub olahraga bola voli yang tidak selalu mudah dalam memenangkan pertandingan. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, mengalami hasil yang mengecewakan. Namun, semangat belajar tim bola voli Karasuno tidak pernah pudar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk-bentuk motivasi belajar yang ditemukan pada tim bola voli Karasuno dalam anime Haikyuu!! Season 2 karya sutradara Susumu Mitsunaka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi nonpartisipan. Data dalam penelitian berupa gambar screenshot adegan disertai kutipan dialog maupun monolog tim bola voli Karasuno dalam anime Haikyuu!! Season 2 karya sutradara Susumu Mitsunaka yang dianalisis menggunakan teori motivasi belajar oleh Sardiman (2010) dan Fathurrohman & Sutikno (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sepuluh bentuk motivasi belajar yang ditemukan pada tim bola voli Karasuno dalam anime Haikyuu!! Season 2 karya sutradara Susumu Mitsunaka berdasarkan teori sebelas bentuk motivasi oleh Sardiman. Bentuk motivasi belajar ditemukan sebanyak 45 data, yaitu 11 data motivasi hasrat untuk belajar, 9 data motivasi saingan/kompetisi, 6 data motivasi harga diri, 4 data motivasi hukuman, 4 data motivasi minat, 4 data motivasi tujuan yang diakui, 3 data motivasi pujian, 2 data motivasi hadiah, 1 data motivasi memberi angka, dan 1 data motivasi mengetahui hasil, serta tidak ditemukan data bentuk motivasi memberi ulangan. Bentuk-bentuk motivasi belajar yang ditemukan dalam anime menurut teori Sardiman dan Fathurrohman & Sutikno tergolong ke dalam bentuk motivasi intrinsik dan ekstrinsik.