Pengaruh Experiential marketing dan Emotional marketing Terhadap Brand Loyalty (Survei pada Konsumen Smartphone Samsung di Indonesia dan Malaysia)

Main Author: Gunawan, Geraldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166402/1/Geraldo%20Gunawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/166402/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh experiential marketing terhadap brand loyalty, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh emotional marketing terhadap brand loyalty, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap brand loyalty secara bersama-sama, (4) mengetahui dan menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan persepsi mengenai pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap brand loyalty antara konsumen di Indonesia dan di Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari experiential marketing, emotional marketing, dan brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah konsumen smartphone Samsung yang berusia minimal 17 tahun, bertempat tinggal di Indonesia atau Malaysia, telah menggunakan smartphone Samsung setidaknya selama satu tahun, pernah melakukan pembelian smartphone Samsung lebih dari satu kali dalam kurun waktu 2008 – 2018. Penentuan jumlah penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 120 orang responden dan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda dan independent sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, emotional marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, experiential marketing dan emotional marketing berpengaruh terhadap brand loyalty secara bersama-sama, dan terdapat perbedaan persepsi mengenai pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadapt brand loyalty antara konsumen di Indonesia dan Malaysia.