Pengaruh Country of Origin dan Online Consumer Review terhadap Trust dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 pembeli produk Oppo Smartphone)

Main Author: Kanitra, Althaf Revi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166380/1/Althaf%20Revi%20Kanitra.pdf
http://repository.ub.ac.id/166380/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap trust; (2) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap trust; (3) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian; (4) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap keputusan pembelian; (5) untuk mengetahui pengaruh trust terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun akademik 2017/2018 yang mengetahui negara asal dan pernah melihat video review produk secara online serta pernah membeli produk Oppo Smartphone. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel trust; (2) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel trust; (3) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel keputusan pembelian; (4) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel keputusan pembelian; (5) adanya pengaruh signifikan dari variabel trust terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diharapkan pihak perusahaan Oppo Smartphone dapat lebih memperhatikan dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan country of origin dan online consumer review, diantaranya dengan cara memahami dan meningkatkan kegiatan iklan atau promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti YouTube secara lebih optimal untuk menguatkan identitas negara asal dan juga menampilkan konsep online consumer review yang sesuai dengan produk perusahaan, sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk semakin kuat dan Keputusan Pembelian akan semakin baik.