Students’ Perceptions of Criteria of A Good English Teacher, A Cross-Sectional Survey Junior High Schools in East Sumba

Main Author: Taralandu, Elriany
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166377/
Daftar Isi:
  • Menurut data statistik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur, skor ujian nasional untuk bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah pertama rendah, sementara fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan sudah ada dan mendukung. Keingintahuan bahwa guru mungkin menjadi alasan di balik skor rendah semakin kuat karena beberapa bukti muncul. Guru di Sumba Timur diasumsikan tidak menyadari peran guru terhadap keberhasilan proses belajar siswa. Terbukti dari fakta bahwa banyak guru hanya mengajarkan mengajar untuk menyelesaikan materi tanpa peran lebih banyak untuk mendampingi pemahaman siswa. Juga ditemukan bahwa banyak guru yang melakukan kekerasan verbal atau fisik yang menghalangi siswa pergi ke sekolah. Penelitian ini menginvestigasi persepsi siswa SMP di Sumba Timur tentang kriteria guru Bahasa Inggris yang baik. Ada 293 siswa sebagai responden survei cross-sectional ini dari total 9 kelas dari 3 sekolah menengah pertama yang mewakili sekolah menengah reguler, rujukan, dan unggulan. Para siswa menanggapi kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup. Pertanyaan-pertanyaan tertutup terdiri dari 37 atribut guru bahasa Inggris yang baik yang dibagi menjadi lima kategori guru bahasa Inggris yang baik yang disediakan oleh Faranda & Clarke (2004). Kategori-kategori tersebut adalah hubungan, pengiriman, keadilan, pengetahuan dan kredibilitas, organisasi dan persiapan. Ada dua masalah penelitian yang dijawab dalam penelitian ini, (1) kriteria dominan apa yang diharapkan siswa untuk dimiliki oleh seorang guru bahasa Inggris yang baik, dan (2) apa persepsi siswa dari seorang guru bahasa Inggris yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria yang dominan dari seorang guru bahasa Inggris yang baik yang diharapkan oleh siswa termasuk hubungan dan pengiriman. Lebih jauh lagi, persepsi siswa tentang guru bahasa Inggris yang baik secara umum adalah bahwa seorang guru bahasa Inggris harus baik dalam berbicara dan berperilaku.