Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks menulis Cerita Pendek Melalui Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Ni’mah, Athiyyatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166368/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu menemukan ide-ide dan mengembangkannya menjadi cerita pendek. Di samping itu, siswa memiliki kelemahan dalam mengidentifikasi struktur teks cerita pendek yang terdiri atas orientasi, komplikasi, dan resolusi sehingga berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menyusun teks ulasan. Model concept sentence dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang dengan menggunakan model concept sentence. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pendek melalui model concept sentence. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Malang yang berjumlah 32 siswa terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus pertama nilai rata-rata menjadi 74,21 dari 22 siswa tuntas KKM dan 10 siswa belum tuntas KKM dengan persentase ketuntasan 69%. Adapun pada siklus kedua rata-rata nilai siswa menjadi 89,21 dari 32 siswa tuntas KKM dengan presentase kelulusan 100%. Peningkatan skor penulisan teks cerita pendek melalui model concept sentence merupakan hasil dari perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh peneliti bekerjasama dengan guru mitra. Model dalam penelitian ini perlu diterapkan pada siswa terkait menulis teks cerita pendek melalui model concept sentence.