Pengaruh Gaya Hidup dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli, Menggunakan dan Mengetahui Smartphone Samsung Galaxy Series)
Main Author: | Setiawan, Andri Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166367/1/Andri%20Tri%20Setiawan.pdf http://repository.ub.ac.id/166367/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Inovasi Produk (X2) secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup dan Inovasi Produk secara simultan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu Gaya Hidup (X1), Inovasi Produk (X2), dan Keputusan Pembelian Produk (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket kuesioner secara online pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli dan Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Series. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kedua variabel bebas Gaya Hidup (X1) dan Inovasi Produk (X2) mempunyai kontribusi terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian Produk (Y) dengan perhitungan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,515. Hal ini berarti bahwa 51,5% variabel Keputusan Pembelian Produk (Y) akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Gaya Hidup (X1) dan Inovasi Produk (X2). Variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk (Y) dengan t hitung = 2,375. Variabel Inovasi Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk (Y) dengan t hitung = 5,738. Menunjukkan bahwa variabel Inovasi Produk (X2) berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk (Y).