Hinomoto Oniko Sebagai Bagian Dari Budaya Populer Gijinka di Jepang
Main Author: | Azura, Talitha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166362/ |
Daftar Isi:
- Budaya populer adalah sebuah budaya yang disukai masyarakat dan beberapa contoh budaya populer Jepang yang paling terkenal adalah musik pop dan anime. Anime di Jepang mendapatkan pengaruh dari Barat, salah satunya adalah muncul karakter gijinka di dalam anime dan gijinka menjadi sangat populer di masyarakat Jepang. Gijinka mendapat perubahan ketika moe mencapai titik popularitas pada tahun 1990 dan mendapatkan variasi moe gijinka. Salah satu karakter moe gijinka yang paling fenomenal adalah Hinomoto Oniko. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dan menggunakan pendekatan budaya populer dengan konsep budaya populer Jepang. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis kepopuleran Hinomoto Oniko sebagai bagian dari budaya gijinka yang terkenal di Jepang. Hasil skripsi ini menunjukkan bahwa Hinomoto Oniko dapat menjadi populer karena peran serta masyarakat Jepang yang telah bertindak sebagai produsen, konsumen, dan sekaligus distributor. Moe gijinka Hinomoto Oniko menjadi sosok yang fenomenal karena pengaruh masyarakat Jepang yang menyukainya. Penulis menyarankan untuk meneiliti Hinomoto Oniko atau gijinka menggunakan pendekatan lain, seperti sosiologi dan psikologi sastra untuk mengetahui pola pikir dan keadaan sosial masyarakat Jepang.