Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa (Studi pada Kantor LPSE Kabupaten Sumenep)
Main Author: | Cahya, Satria Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166335/1/Satria%20Agung%20Cahya.pdf http://repository.ub.ac.id/166335/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah dapat mengambil langkah meningkatkan pelayanan publik melalui penyelenggaraan pemerintah dengan menggunakan keuangan negara yang dibelanjakan melalui proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem informasi pengadaan barang dan jasa pada kantor LPSE Kabupaten Sumenep, dan untuk menganalisis faktor penghambat serta faktor pendukung dari penerapan sistem informasi pengadaan barang dan jasa berbasis teknologi informasi pada kantor LPSE Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan di Kantor LPSE Kabupaten Sumenep yang berlokasi di jalan Dr. Cipto No. 33 Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa efektivitas penerapan sistem informasi pengadaan barang dan jasa pada LPSE Kabupaten Sumenep telah mengalami perkembangan yang cukup baik. Dalam penerapan sistem informasi pengadaan barang dan jasa pada kantor LPSE Kabupaten Sumenep terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung yang perlu diperhatikan. Indikator efektivitas sistem informasi pengadaan barang dan jasa yang telah dicapai oleh Kantor LPSE Kabupaten Sumenep setelah menerapkan sistem informasi berbasis teknologi yaitu berupa keamanan data, tingkat kemampuan sistem dalam mengatasi illegal acces dan kerusakan pada sistem, kecepatan dan ketepatan informasi dalam pemakaian sistem, tingkat pencatatan dan perhitungan informasi, kelengkapan isi informasi yang dihasilkan sistem, relevansi yang menunjukan kesesuai dan manfaat laporan yang dihasilkan, ketercapain sistem sesuai dengan tujuan dibentuknya lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa. Penulis memberikan saran perlunya penambahan bandwidth untuk mencegah apabila akses ke situs LPSE Kabupaten Sumenep mengalami kesulitan (traffic jam) dan meningkatkan versi aplikasi SPSE ke versi 4.2 untuk akses yang lebih optimal., perlunya penugasan pegawai LPSE Sumenep untuk mengikuti Management Training Administrasi System yang diselengarakan oleh LKPP.