Readability Levels In The Reading Texts Of Pathway To English For 11th Grade Students Of Senior High School

Main Author: Rahma, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166317/
Daftar Isi:
  • Keterampilan membaca bahasa Inggris adalah salah satu dari empat keterampilan wajib yang harus dikuasai oleh seorang pelajar bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris dan siswa sering mengandalkan buku teks bahasa Inggris sebagai panduan bagi guru untuk mengajar bahasa Inggris, dan juga bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Namun, masih ada banyak siswa yang menghadapi kesulitan untuk memahami teks bahasa Inggris di buku teks sepenuhnya karena hambatan bahasa atau kurangnya pemahaman kosakata. Agar siswa dapat memahami teks bacaan, pembacaan dan kosakata/kepadatan leksikal dari teks-teks ini harus setara dengan kemampuan siswa untuk memahami teks bacaan. Keterbacaan sumber dan gaya bahasa yang ditemukan dalam membaca teks dari buku pelajaran juga tergantung pada bagaimana para guru memilih teks membaca untuk tujuan pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan dan kerapatan leksikal dari buku teks Pathway To English dan melihat apakah cocok untuk siswa kelas XI SMA. Panjang kalimat, kerumitan tata bahasa, dan kepadatan kosakata adalah faktor yang menentukan seberapa mudah suatu teks bacaan dapat dibaca. Kedua rumus kerapatan leksikal yang dirancang oleh Ure dan rumus Flesch Reading Ease digunakan untuk menghitung kerapatan leksikal dan tingkat keterbacaan buku teks ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerapatan leksikal buku teks ini adalah 53,76%, yang artinya cukup padat secara leksikal, dan skor keterbacaan buku teks ini adalah 57,71, yang berarti bahwa tingkat kesulitan buku ini Cukup Sulit tetapi juga masih sangat cocok untuk dipelajari siswa kelas X hingga XII SMA.