Evaluasi Program Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berbasis “Home Care” (Studi Pada Uptd Puskesmas Turen Kabupaten Malang)

Main Author: Purwantika, Garnis Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166191/1/Garnis%20Mega%20Purwantika.pdf
http://repository.ub.ac.id/166191/
Daftar Isi:
  • Program home care di prakarsai oleh Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Turen dr. Didik Sulistyanto untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Turen menanamkan pola pikir dari paradigma sakit menjadi paradigma sehat sebagai wujud menjalankan amanah Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014. Dalam pelaksanaan program home care permata tidak selalu berjalan dengan lancar, kegiatan program home care dalam perjalanannya mengalami kendala-kendala yang menhambat program tersebut seperti kurang mendapat respon yang baik oleh masyarakat, terkadan masih ada masyarakat yang tidak mau dikunjuni Karena alesan tertentu, serta kurangnya sumber daya petugas kesehatan dan juga keterbatasan waktu. Kemajuan setiap kegiatan akan terlihat manakala dilakukan evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pelaksanaan program home care permata dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Turen Kabupaten Malang serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program home care permata di UPTD Puskesmas Turen. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan saldana yaitu data collection, Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program home care permata belum terlaksana secara optimal. Pelaksanaan program home care permata di UPTD Puskesmas Turen dibilang sudah baik tetapi belum optimal, karena dari beberapa ruang lingkup kegiatan ada beberapa yang sudah teralisasi dengan baik seperti sasaran dari program home care permata, ouput serta outcome dari program home care permata. Namun ada juga yang beberapa yang masih belum terlaksana secara optimal seperti proses pelaksanaan program home care permata yang masih terdapat hambatan, serta merubah midset masyarakat paradigma sakit menjadi paradigma sehat. Saran dari penelitian ini sebaiknya menambah jumlah petugas sehingga pelayanan yang diberikan dapat dirasa secara maskimal oleh masyarakat serta sebaiknya perlu meningkatkan sosialisasi program, serta terus menjalin komunikasi yang intensif kepada masyarakat agar lebih sadar untuk meningkatkan kesehatan melalui program home care permata.