Pengaruh Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille Terhadap Kualitas Layanan Dan Kinerja Perpustakaan (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)
Main Author: | Wulandari, Angraini Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166177/1/Angraini%20Ayu%20Wulandari.pdf http://repository.ub.ac.id/166177/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terhadap Kualitas Layanan dan Kinerja Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan penyediaan fasilitas publik yang belum aksesibel bagi penyandang disabilitas. Padahal fasilitas publik bagi para penyandang disabilitas merupakan kebutuhan primer yang perlu mendapat perhatian dari berbagai kalangan, terutama dari pemerintah. Menanggapi hal tersebut, maka Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya melalui sebuah inovasi yang mampu meningkatkan kualitas layanan dan kinerja perpustakaan dengan disesuaikan kebutuhan para penyandang disabilitas, khususnya netra yaitu melalui Layanan Pojok Braille. Layanan Pojok Braille merupakan pioneer inovasi dalam rangka memberikan kesetaraan (spirit equality) bagi para penyandang disabilitas netra untuk memperoleh haknya dibidang literasi dan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 33 orang pelajar dari Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang yang rutin dan sudah memiliki jadwal kunjungan untuk menggunakan Layanan Pojok Braille serta 3 orang pustakawan yang bertugas pada Layanan Pojok Braille. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Layanan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 5,393 dengan ρ- valuer 0,000. Variabel Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Perpustakaan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 3,207 dengan ρ-valuer 0,003. Variabel Kualitas Layanan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Perpustakaan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,868 dengan ρ-valuer 0,007.