Diskriminasi Pada Siswa Kelas 3-E Akibat Otonomi Sistem Pendidikan Di Smp Kunugigaoka Dalam Komik Ansatsu Kyoushitsu Karya Yusei Matsui

Main Author: Syifa, Abdurrasyid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166162/
Daftar Isi:
  • Dalam komik Ansatsu Kyoushitsu diceritakan SMP Kunugigaoka memiliki peraturan yang menerapkan sistem khusus pembentukan kelas 3-E, dimana para siswanya terdiri dari siswa dengan prestasi akademik rendah. Para siswa kelas 3-E diperlakukan dengan buruk oleh sesama siswa maupun para guru. Diskriminasi dan aturan dalam institusi pendidikan swasta tersebut digambarkan dalam komik Ansatsu Kyoushitsu karya Yusei Matsui. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk tindak diskriminasi yang diterima siswa kelas 3-E yang tergambar dalam komik Ansatsu Kyoushitsu karya Yusei Matsui. Dalam peneltian ini, masalah penelitian dibahas menggunakan pendekatan sosiologi sastra, dengan kajian teori diskriminasi oleh Leonard Newman (dalam Miharso, 2009). Teori pendukung berupa teori memahami komik oleh Scott McCloud (1993). Dan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas 3-E SMP Kunugigaoka menerima tindakan diskriminasi yang antara lain berupa, diskriminasi bentuk verbal dari sesama siswa maupun para guru, diskriminasi bentuk penghindaran atau pengabaian baik secara langsung maupun tidak langsung, diskriminasi bentuk pengeluaran atau pengasingan berupa segregasi de jure dan segregasi de facto, dan diskriminasi bentuk kekerasan fisik yang terbentuk karena memiliki korelasi dengan bentuk diskriminasi lainnya. Bentuk-bentuk diskriminasi tersebut terlihat dari kehidupan siswa kelas 3-E selama bersekolah di SMP Kunugigaoka.