Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Matahari Department Store Malang Town Square)

Main Author: Alfisyahrin, Dhuhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166150/1/Dhuhan%20Alfisyahrin.pdf
http://repository.ub.ac.id/166150/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) Pengaruh hedonic motives terhadap shopping lifestyle; (2) Pengaruh hedonic motives terhadap impulse buying; (3) Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi hedonic motives, shopping lifestyle, dan impulse buying. Populasi penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Malang Town Square. Sampel sebanyak 114 orang responden yang sedang melakukan pembelian tidak terencana yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa: (1) Variabel hedonic motives berpengaruh signifikan terhadap variabel shopping lifestyle sebesar 0,659; (2) Variabel hedonic motives berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying sebesar 0,353; (3) Variabel shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying sebesar 0,450. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka sebaiknya manajemen Matahari Department Store Malang Town Square dapat memanfaatkan motivasi belanja hedon yang dimiliki konsumen agar di masa yang akan datang perusahaan dapat meningkatkan penjualan. Pihak perusahaan disarankan dapat mempertahankan dan meningkatkan promosi penjualan yang sudah ada saat ini. Selanjutnya, perusahaan diharapkan dapat berinovasi agar dapat menarik perhatian konsumen sehingga mampu bersaing di bidang bisnis ritel di Indonesia.