The Effect Of Celebrity Endorser On Brand Awareness And It’s Impact On Purchase Decision (Study On Undergraduate Student Of Oppo Smartphone In Malang City)

Main Author: Wijayaningrum, Laras Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166127/1/Laras%20Ayu%20Wijayaningrum.pdf
http://repository.ub.ac.id/166127/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness, (2) menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Decision, (3) menjelaskan pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase Decision. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Celebrity Endorser,Brand Awareness dan Purchase Decision. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berstatus sebagai mahasiswa aktif S1 dengan usia minimal 18 tahun-22 tahun, pernah melihat iklan dari Oppo Smartphone, dan telah melakukan pembelian salah satu produk Oppo Smatphone. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online kepada 116 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Celebrity Endorser berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Awareness, (2) Celebrity Endorser secara signifikan terhadap Purchase Decision, (3)Brand Awareness secara signifikan terhadap Purchase Decision. Ketiga diantaranya yakni, pengaruh hubungan antara Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dengan pengaruh sebesar 0.570. Pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase Decisionsebesar 0.255. Sedangkan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Decision terdapat pengaruh secara langsung sebesar 0.577 dan mempunyai pengaruh tidak langsung melalui Brand Awareness, yakni sebesar 0.145 sehingga didapatkan total pengaruh sebesar 0.722.Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya perusahaan Oppo Smartphone dapat meningkatkan kualitas iklan mereka dengan menggunakan Celebrity Endorser dengan cara memilih criteria Celebrity Endorser dengan tepat agar sesuai dengan produk Oppo Smartphone yang akan diiklankan. Melalui peningkatan Celebrity Endorser diharapkan semakin banyak konsumen yang sadar dan melakukan pembelian terhadap Oppo Smartphone.