Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo)
Main Author: | Firdaus, Haris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166101/1/Haris%20Firdaus.pdf http://repository.ub.ac.id/166101/ |
ctrlnum |
166101 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166101/</relation><title>Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan
(Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kabupaten Situbondo)</title><creator>Firdaus, Haris</creator><subject>352.63 Civil service system</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan Undang-Undang Nomor 23
Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 1 ayat 2 Pemerintah daerah
adalah penyelenggaraan urusan pemerintah oleh pemerintah daerah dan DPRD
menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluasluasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah
satunya adalah wewenang yang lebih luas dalam penyelenggaraan beberapa
bidang pemerintahan. Dengan bertambahnya luasnya tugas ini, maka birokrasi
pemerintahan bisa dikuasai dan mengelola pelayanan masyarakat engan lebih baik
sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Kenyataan yang ada mengisyaratkan hal
yang kurang melegakan, hal tersebut terkait dengan kepuasan masyarakat yang
belum terpenuhi dengan kata pelanggan atau masyarakat, di mana masih dirasakan
kelemahan-kelemahan yang dampaknya sering merugikan masyarakat. Hal
tersebut diperparah dengan buruknya birokrasi pelayanan publik di indonesia,
khususnya pada birokrasi Perijinan. Sebagai contoh Ijin Mendirikan Bangunan
(IMB) yang terkesan kerap dinilai lamban dan cenderung berbelit-belit, kerap kali
dalam proses perijinan masyarakat dihadapkan dalam situasi dimana proses
perijinan harus melewati tiga atau bahkan empat instansi dengan banyak meja
aparat. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan,
menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai
fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Penelitian
ini terbagi menjadi 3 aspek yakni, aspek Masukan (Input), dimana membahas
mengenai sumber daya manusia / aparatur (SDM) dan juga sarana dan prasarana
penunjang. Aspek kedua yakni Proses, aspek ini membahas mengenai sejauhmana
mekanisme di dalam suatu proses perijinan. Dan aspek yang ketiga keluaran
(Output), dimana aspek ini membahas mengenai kualitas pelayanan yang
ada.Hasil penelitian menunjukkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu dalam peningkatan kualitas Layanan Ijin Mendirikan
Bangunan (IMB) sudah dapat dikatakan meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari
manfaat aparatur (SDM), sarana dan prasarana, fungsi yang terdiri dari prosedur
pelayanan, waktu pelayanan, dan biaya pelayanan, tanggung jawab dengan target
kinerja, tujuan, visi dan misi organisasi. Kemudian kinerja dari aparatur (SDM)
sudah dapat dikatakan baik, hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara mereka
memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau pemohon. Kualitas pelayanan
IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten
Situbondo pada dasarnya sudah bagus dan berkualitas. Dikatakan demikian divii
karenakan layanan yang diberikan sudah menyenangkan dan memuaskan para
pengguna atau masyarakat pengguna</description><date>2018-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/166101/1/Haris%20Firdaus.pdf</identifier><identifier> Firdaus, Haris (2018) Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/554/051807748</relation><recordID>166101</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Firdaus, Haris |
title |
Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan
(Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kabupaten Situbondo) |
publishDate |
2018 |
topic |
352.63 Civil service system |
url |
http://repository.ub.ac.id/166101/1/Haris%20Firdaus.pdf http://repository.ub.ac.id/166101/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan Undang-Undang Nomor 23
Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 1 ayat 2 Pemerintah daerah
adalah penyelenggaraan urusan pemerintah oleh pemerintah daerah dan DPRD
menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluasluasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah
satunya adalah wewenang yang lebih luas dalam penyelenggaraan beberapa
bidang pemerintahan. Dengan bertambahnya luasnya tugas ini, maka birokrasi
pemerintahan bisa dikuasai dan mengelola pelayanan masyarakat engan lebih baik
sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Kenyataan yang ada mengisyaratkan hal
yang kurang melegakan, hal tersebut terkait dengan kepuasan masyarakat yang
belum terpenuhi dengan kata pelanggan atau masyarakat, di mana masih dirasakan
kelemahan-kelemahan yang dampaknya sering merugikan masyarakat. Hal
tersebut diperparah dengan buruknya birokrasi pelayanan publik di indonesia,
khususnya pada birokrasi Perijinan. Sebagai contoh Ijin Mendirikan Bangunan
(IMB) yang terkesan kerap dinilai lamban dan cenderung berbelit-belit, kerap kali
dalam proses perijinan masyarakat dihadapkan dalam situasi dimana proses
perijinan harus melewati tiga atau bahkan empat instansi dengan banyak meja
aparat. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan,
menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai
fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Penelitian
ini terbagi menjadi 3 aspek yakni, aspek Masukan (Input), dimana membahas
mengenai sumber daya manusia / aparatur (SDM) dan juga sarana dan prasarana
penunjang. Aspek kedua yakni Proses, aspek ini membahas mengenai sejauhmana
mekanisme di dalam suatu proses perijinan. Dan aspek yang ketiga keluaran
(Output), dimana aspek ini membahas mengenai kualitas pelayanan yang
ada.Hasil penelitian menunjukkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu dalam peningkatan kualitas Layanan Ijin Mendirikan
Bangunan (IMB) sudah dapat dikatakan meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari
manfaat aparatur (SDM), sarana dan prasarana, fungsi yang terdiri dari prosedur
pelayanan, waktu pelayanan, dan biaya pelayanan, tanggung jawab dengan target
kinerja, tujuan, visi dan misi organisasi. Kemudian kinerja dari aparatur (SDM)
sudah dapat dikatakan baik, hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara mereka
memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau pemohon. Kualitas pelayanan
IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten
Situbondo pada dasarnya sudah bagus dan berkualitas. Dikatakan demikian divii
karenakan layanan yang diberikan sudah menyenangkan dan memuaskan para
pengguna atau masyarakat pengguna |
id |
IOS4666.166101 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:50:56Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:50:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454158584545280 |
score |
17.538404 |