Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen yang Membeli Produk Diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang)

Main Author: Putra, Endhar Widjaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166074/1/Endhar%20Widjaya%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/166074/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) pengaruh diskon terhadap minat beli ; (2) pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian ; (3) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi diskon, minat beli, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang. Sampel sebanyak 116 orang responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa : (1) variabel diskon (X1) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) ; (2) variabel diskon (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2) ; (3) variabel minat beli (Y1) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2). Dengan demikian, Matahari Department Store Pasar Besar harus lebih aktif dalam meningkatkan iklan mengenai diskon dan menjalin komunikasi dengan konsumen tentang keberadaan produk diskon.