Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Bali Sebagai Destinasi Wisata Oleh Wisatawan India (Survei pada Platform Incredible India Education Fair)
Main Author: | Purwaningsih, Deviana Enny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166069/1/Deviana%20Enny%20Purwaningsih.pdf http://repository.ub.ac.id/166069/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren yang menunjukan bahwa Wisatawan India telah menjadi penyumbang pertumbuhan wisatawan mancanegara di Indonesia dengan persentase 10,38 persen dalam periode Januari-Oktober 2015. India mengalahkan peringkat dari negara Australia, China, Jepang, Inggris dan Prancis. India berkontibusi sebesar 3, 52 persen terhadap total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali yaitu sebesar 4,70 juta wisatwan selama 10 bulan pertama 2016. Jumlah wisatawan India meningkat paling tinggi, disusul wisatawan China melonjak 36,26 persen, Inggris 33,37 persen, Amerika Serikat (AS) 27,85 persen, dan Prancis 27,80 persen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam menjalankan penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer. Penelitian ini akan menggunakan kuisioner online melalui Google Form. Kuisioner ini telah disebar secara acak kepada responden India melalui platform Incredible India Edu Fair dan juga akan disebar melalui social media pribadi peneliti seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Line. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji t sebagai metode menguji hipotesis. Hasil uji t antara X (Bauran komunikasi pemasaran) dengan Y (keputusan pemilihan destinasi) menunjukkan t hitung = 9,342. Sedangkan t Tabel (α = 0.05 ; db residual = 100) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t Tabel yaitu 9,342 > 1,984 atau nilai sig t (0,000) < α = 0.05 maka pengaruh X (Bauran Komunikasi Pemasaran) terhadap keputusan pemilihan destinasi adalah signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pemilihan destinasi dapat dipengaruhi secara signifikan oleh bauran komunikasi pemasaran atau dengan meningkatkan Bauran komunikasi pemasaran maka keputusan pemilihan destinasi akan mengalami peningkatan secara nyata. Dari hasil uji regresi linier sederhana apabila Bauran Komunikasi Pemasaran mengalami peningkatan 1 satuan, maka Keputusan pemilihan destinasi akan meningkat sebesar 0,113 satuan dengan asumsi variabel yang lainnya dianggap konstan.