Proses Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Judes (Jujug Desa) (Studi pada Kantor Bersama SAMSAT Jombang)
Main Author: | Romadhoni, Yusuf Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166061/1/Yusuf%20Ilham%20Romadhoni.pdf http://repository.ub.ac.id/166061/ |
Daftar Isi:
- SAMSAT Judes (Jujug Desa) merupakan inovasi pelayanan publik yang dibentuk Kantor Bersama SAMSAT Jombang memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis jemput bola. Inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) terbentuk karena adanya tunggakan pajak kendaraan bermotor yang terjadi di Jombang akibat banyaknya masyarakat/wajib pajak yang masih sering terlambat membayar pajak. Inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) sesuai dengan namanya layanan ini beroprasi pada pedesaan yang sasarannya adalah masyarakat/wajib pajak yang berdasarkan analisa Kantor Bersama SAMSAT Jombang paling sering terlambat membayar pajak kendaran bermotor. Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus yang diambil dari teori proses terbentuknya inovasi dari Yogi Suwarno. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian Proses Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Judes (Jujug Desa), yaitu dilihat dari bagaimana proses terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) yang dilakukan oleh Kantor Bersama SAMSAT Jombang untuk menutupi latar masalah yang telah terjadi. Berdasarkan penelitian yang dialakukan peneliti dari hasil terbentuknya proses inovasi SAMSAT Judes (Jujug Desa) yang diteliti sesuai dengan fokus peneliti sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa data yang tidak tercantum dalam penelitian ini. Keimpulan dari hasil penelitian ini yaitu 1) Kebutuhan dan masalah, yaitu latar belakang dan masalah yang menjadi awal mula terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) berupa tunggakan pajak kendaraan bermotor yang dialami Kantor Bersama SAMSAT Jombang dan keluhan dari masyarakat/wajib pajak tentang jauhnya jangkauan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dari tempat tinggal mereka, 2) Riset dasar dan aplikatif, yaitu berupa kegiatan dan persiapan sebelum terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa), Kantor Bersama SAMSAT Jombang melakukan melakukan riset berupa pembagian kuisioner tentang keluhan masyarakat/wajib pajak dan persiapan dari aspek hardware dan aspek software. 3) Pengembangan, yaitu inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa) merupakan pengembangan dari layanan SAMSAT Keliling yang telah beroprasi sebelumnya. 4) Komersialisasi, Kantor Bersama SAMSAT Jombang dalam mempromosikan inovasi layanan SAMSAT Jombang melakukan beberapa cara seperti sosialisasi pada masyarakat/wajib pajak pedesaan, menyebarkan brosur dan mengiklanan pada media sosial. 5) Difusi dan adopsi, yaitu berupa manfaat yang diberikan dalam layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa). 6) Konsekuensi, yaitu konsekuensi yang ditimbulkan dalam inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa). 7) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses terbentuknya inovasi layanan SAMSAT Judes (Jujug Desa).