Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Bidang Akta Kelahiran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Main Author: Susilawati, Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166058/1/Yunita%20Susilawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/166058/
Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan bernegara pelayanan public merupakan unsur yang penting dalam aspek kehidupan. Saat ini upaya untuk memberikan pelayanan public yang berkualitas kepada masyarakat telah menjadi perhatian utama dari berbagai organisasi di seluruh dunia, baik organisasi swasta maupun publik. Terwujudnya pelayanan public yang baik dipengarui oleh beberapa aspek salah satunya adalah kinerja pegawai. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang merupakan salah satu dinas yang melakukan praktek penyelenggaraan pelayanan public (Publik Services) yang bekerja dalam bidang pengelolahan data kependudukan masyarakat Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Upaya peningkatan kinerja pegawai dalam pelayanan public tentang akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang meliputi kemampuan pemberi layanan, sarana dan prasarana, prosedur dan persyaratan pelayanan bidang akta kelahiran. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data berasal dari data informan, peristiwa dan dokumen serta dari jenis data primer dan data skunder. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana (2014) melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) upaya meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik tentang akta kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang meliputi pemberi layanan, sarana dan prasarana, serta prosedur dan persyaratan pelayanan bidang akta kelahiran sudah cukup baik dengan adanya pemberian dan mengikutsertakan pegawai dalam bimtek khusus, adanya program Jebol Anduk yang dilakukan setiap hari sabtu dan minggu, pelayanan penerbitan akta kelahiran yang dapat terselesaikan dengan baik dari selesai 5 hari kerja menjadi 1 hari kerja One Day Services, tersedianya gedung baru yang lebih besar serta fasilitas yang lebih layak untuk digunakan, dengan adanya perubahan SOP pada pelayanan penerbitan akta kelahiran yang semula selesai dalam 5 hari kerja menjadi 1 hari kerja atau One Day Services. (2) Faktor pendukung dan penghambat terdiri dari (a) faktor pendukung yaitu selain dukungan dari pemerintah pusat sarana dan prasarana yang ada juga sudah baik. (b) Faktor penghambat adalah kurang optimalnya penggunaan sarana dan prasarana yang ada serta kurangnya jumlah pegawai dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Rekomendasi penting yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah diadakannya sosialisasi kepada masyarakat terkait prosedur pelayanan yang berhubungan dengan dokumen kependudukan, mengikuti sosialisasi agar dapat mengetahui upaya apa yang dapat diterapkan agar pelayanan public dapat tercapai dengan maksimal serta penambahan pegawai untuk mengurangi beban kerja agar pekerjaan cepat terselesaikan dan kinerja pegawai meningkat serta pelayanan public berjalan dengan baik.