Strategi Peningkatan Pelayanan Kependudukan Melalui Program Mobiling (Mobil Keliling) (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu)

Main Author: Putri, Intan Aulia Prianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166042/1/Intan%20Aulia%20Prianto%20Putri.pdf
http://repository.ub.ac.id/166042/
Daftar Isi:
  • Mobiling merupakan strategi pelayanan yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan cara berkeliling ke berbagai Desa secara berkala dan terjadwal dalam rangka meningkatkan pelayanan kependudukan sebagai upaya memberikan pelayanan agar lebih mudah dan lebih dekat kepada masyarakat. Keberhasilan strategi peningkatan pelayanan ini dapat dinilai dengan melihat faktor internal dan eksternal yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Batu, sedangkan situs penelitian berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Peningkatan Pelayanan Kependudukan di Kota Batu dilakukan dengan melalui tiga tahapan manajemen strategi: (!) Formulasi Strategi; (2) Implementasi Strategi; (3) Evaluasi Strategi. Didukung dengan analisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang dilihat dari: (a) Faktor lingkungan internal: kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang ada di program Mobiling; serta (b) Faktor lingkungan eksternal: peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang ada di program Mobiling.