Hubungan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat)
Main Author: | Syahputri, Fauziah Andita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166034/1/Fauziah%20Andita%20Syahputri.pdf http://repository.ub.ac.id/166034/ |
Daftar Isi:
- Sumber daya manusia adalah penggerak yang utama dalam jalannya organisasi sehingga tidak dapat dipungkiri sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi sudah seharusnya dikelola dengan baik karena tanpa andil dari sumber daya manusia aktivitas organisasi untuk mencapai sebuah tujuan tidak akan terjadi. Pengelolaan sumber daya manusia yang biasa disebut manajemen sumber daya manusia ini selain dapat memelihara pegawai untuk dapat menetap dan memberikan kinerja terbaiknya juga dapat mempertahankan eksistensi organisasi itu sendiri. Peneliti memfokuskan praktik sumber daya manusia pada perencanaan karier, rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antara praktik manajemen sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja pegawai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara pengumpulan data survey. Jumlah responden sebanyak 86 responden yang merupakan pegawai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi linier. Penelitian ini menemukan adanya hubungan antara praktik manajemen sumber daya manusia dan kepuasan kerja dengan kompensasi sebagai variabel dengan hubungan yang paling kuat. Penelitian ini menyarankan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat untuk terus mempertahankan praktik manajemen sumber daya manusia yang sekarang sudah diterapkan. Praktik manajemen sumber daya manusia seperti perencanaan karier, rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, serta kompensasi dinilai sudah baik dan alangkah lebih baik lagi jika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar senantiasa meningkatkan hal tersebut guna meningkatkan tingkat kepuasan kerja pegawai.