Peran Modal Sosial dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Rumah Makan Padang)
Main Author: | Azhari, Fadilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166033/1/Fadilla%20Azhari.pdf http://repository.ub.ac.id/166033/ |
Daftar Isi:
- Modal sosial menurut berbagai ahli dapat didefinisikan sebagai suatu lingkup komunitas dengan sumberdaya yang muncul dari hasil interaksi dalam suatu kelompok, baik antar individu maupun dengan institusi yang melahirkan ikatan emosional berupa kepercayaan, jaringan-jaringan sosial dan nilai-nilai yang membentuk struktur masyarakat yang berguna untuk koordinasi dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Munculnya konsep modal sosial di dalam masyarakat dapat menjadi dorongan dalam memperbaiki ekonomi di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada tiga rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana modal sosial dikembangkan oleh pengelola UKM ? (2) Bagaimana Peran Modal Sosial terhadap pengembangan jaringan UKM ? (3) Bagaimana efektifitas modal sosial dalam pengembangan UKM ?. Sumber data penelitian ini adalah data primer berupa informan dan data sekunder berupa dokumen dan literatur. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepercayaan yang tinggi antar individu dapat membentuk modal sosial yang kuat sehingga mampu membentuk jaringan sosial di dalam suatu kelompok. Modal sosial yang dimiliki oleh kelompok HIMATOS sangat dirasakan keberadaannya sehingga memberikan hasil yang efektif terhadap pengembangan usaha yang mereka kelola, sedangkan kepercayaan yang rendah dan modal sosial yang lemah pada kelompok di Malaysia tidak memberikan hasil yang diharapkan (2) Peran modal sosial di dalam masing-masing individu mempengaruhi kapasitas dan kualitas di dalam kelompok (3) Modal sosial yang didayagunakan secara efektif dapat memberikan dorongan untuk pengembangan usaha, sedangkan modal sosial yang tidak dimanfaatkan secara efektif bisa menghambat peluang dalam pengembangan usaha.