Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi Pada Produk PT Ultrajaya)

Main Author: Ramadhan, M. Afif Fathi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166027/1/M.%20Afif%20Fathi%20Ramadhan.pdf
http://repository.ub.ac.id/166027/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultrajaya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultra Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research dengan objek penelitian konsumen produk PT Ultrajaya yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Sumber data dalam penelitian adalah data primer berupa data yang diperoleh berdasarkan pengukuran secara langsung oleh peneliti dari sumbernya. Selain itu sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa jurnal dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan purposive sampling karena peneliti melakukan penelitian yang hanya ditujukan kepada orang-orang yang mengkonsumsi produk PT Ultrajaya khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sikap Konsumen (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ekolabel PT Ultrajaya. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,000 dengan nilai probabilitas <0,05 serta nilai Beta sebesar 0,268 yang berarti bahwa variabel sikap konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya. Selain itu Indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya adalah indikator evaluasi merek dengan nilai mean sebesar 4,5, dan item yang dominan pada indikator evaluasi merek adalah item perasaan konsumen belum menjaga lingkungan hidup dengan bertanggungjawab. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya item indikator yang memiliki pengaruh dominan adalah item akan selalu memilih produk ekolabel.