Analisis Penerapan E-Faktur Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Main Author: Hadi, Muhammad Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166023/1/Muhammad%20Nur%20Hadi.pdf
http://repository.ub.ac.id/166023/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian sistem dan prosedur penerapan e-Faktur menurut PER 16/PJ/2014, hambatan, dukungan dan upaya KPP Madya Malang terkait penerapan e-Faktur serta realisasi penerimaan PPN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penerapan e-Faktur sesuai PER 16/PJ/2014. Faktor penghambat untuk koneksi jaringan dan server overload, upaya KPP Madya Malang diarahkan ke layanan call center pajak serta pemahaman WP tentang e- Faktur yang kurang telah dilakukan sosialisasi, kelas pajak dan konsultasi. Disamping faktor pendukung fiskus yang kompeten dan layanan call center pajak. Tahun 2012 dan tahun 2013 saat FP manual target PPN tercapai. Selanjutnya tahun 2014 target PPN tercapai dengan berlaku sistem e-Nofa. Berikutnya tahun 2015 target PPN tidak tercapai karena e-Faktur berlaku 1 Juli 2015 sehingga WP butuh penyesuaian. Kemudian tahun 2016 target PPN juga tidak tercapai karena kurangnya pemahaman tentang penggunaan e-Faktur, koneksi jaringan dan server overload. Selanjutnya tahun 2017 target PPN tercapai setelah banyak upaya yang dilakukan KPP Madya Malang.