Pengaruh Pemahaman Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Indramayu)
Main Author: | Pritasari, Denita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166014/1/Denita%20Pritasari.pdf http://repository.ub.ac.id/166014/ |
Daftar Isi:
- Pajak merupakan sumber penerimaan terbesar negara dan berperan penting dalam pelaksanaan pmbangunan nasional, untuk itu dituntut tingkat kepatuhan yang tinggi dari Wajib Pajak. Dari segi Wajib pajak harus memiliki pemahaman perpajakan yang baik sehingga dapat melaksanakan kewajiban perpajakan dan dari segi pemerintah diperlukan petugas pajak yang dapat melayani Wajib Pajak secara baik sehingga dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemahaman perpajakan dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data kepada Wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama sampai dengan Maret 2018 yaitu sebesar 68.417 Wajib Pajak dan sampel dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 398 responden dengan teknik sampel convenience Sampling, yang dimana dalam menetapkan responden berdasarkan kesediaan Wajib Pajak yang datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Indramayu untuk mengisi kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan Statistical Program from Society Science (SPSS) versi 23. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa pemahaman perpajakan dan kualitas pelayanan pajak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, sedangkan berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa pemahaman perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan kualitas pelayanan pajak secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.