Penerapan Layanan Unggulan SAMSAT Corner Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang)
Main Author: | Zona, Yolanda Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165980/1/Yolanda%20Putri%20Zona.pdf http://repository.ub.ac.id/165980/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang merupakan kota dengan kepadatan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya. Pesatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang menuntut Kantor Bersama SAMSAT sebagai penyelenggara pelayanan publik, untuk selalu berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada Wajib Pajak.Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan unggulan SAMSAT Corner.Layanan unggulan SAMSAT Corner merupakan salah satu layanan unggulan SAMSAT yang merupakan sumber penerimaan terbesar SAMSAT sehingga agar peningkatan Pendapatan Asli Daerah meningkat diiringi dengan peningkatan pelayanan publik.Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mengetahui peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada layanan unggulan SAMSAT Corner. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitiannya adalah peningkatan pelayanan dari sisi organisasi, interpretasi, penerapan serta faktor pendorong dan penghambat. Lokasi penelitian di Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang pada Layanan Unggulan SAMSAT Corner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah layanan unggulan SAMSAT Corner telah melakukan peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dari sisi organisasi, interpretasi dan penerapannya. Dalam pelaksanaannya berpedoman pada Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 14 Tahun 2016 dan telah sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Layanan unggulan SAMSAT Corner dalam pelaksanaan pelayanannya memiliki faktor pendorong dan penghambat. Namun terdapat GAP antara temuan dengan teori yaitu dari sisi sumberdaya dimana data sekunder menyebutkan bahwa layanan unggulan SAMSAT terdiri dari pihak POLRI, PT Jasa Raharja dan Badan Pendapatan Daerah berbeda dengan fakta di lapangan yaitu layanan unggulan SAMSAT Corner terdiri dari pihak POLRI dan Badan Pendapatan Daerah.