Manajemen Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (Sapk) (Studi Pada Badan Kepegawaian Negara Kanreg Ii Surabaya)

Main Author: Putri, Baiq Nilia Iswari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165969/1/Baiq%20Nilia%20Iswari%20Putri.pdf
http://repository.ub.ac.id/165969/
Daftar Isi:
  • Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya merupakan instansi yang mempunyai fungsi pelayanan administrasi di bidang pelayanan kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil yang bekerja dalam lingkup Jawa Timur. Salah satu pelayanan kepegawaian yang diberikan adalah kenaikan pangkat. Sejauh ini pelayanan kenaikan pangkat pegawai masih terdapat beberapa permasalahan dalam proses penyelesaiannya. Sehingga diperlukannya sebuah inovasi untuk membantu penyelesaian permasalahan kenaikan pangkat melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan hanya dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) mengetahui dan menganalisis manajemen pelayanan kenaikan pangkat pegawai melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan (2) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pelayanan kenaikan pangkat pegawai melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data Cresswell. Berdasarkan Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan pelayanan masyarakat, dipilih tiga prinsip untuk mewakili fokus pertama. Ketiga prinsip tersebut adalah, mekanisme/prosedur pelaksanaan SAPK, kesesuaian persyaratan pelayanan dan kepastian jadwal pelayanan. Ketiga prinsip yang dijalankan oleh Badan Kepegawaian Kanreg II Surabaya telah sesuai dengan Kep/25/M.PAN/2/2004. Sebagaimana dalam mengimplementasikan inovasi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi inovasi tersebut adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, sumber daya manusia yang masih kurang mumpuni dan data yang masih belum terintegrasi. Faktor pendukung untuk mendukung jalannya inovasi ini, yaitu dari pegawai Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya yang sudah sangat siap dalam menjalankan sistem ini. Adanya motivasi dan semangat kerja dari para pegawainya juga menjadi salah satu faktor pendukung jalannya sistem ini. Selain itu, seluruh pegawai Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya juga mendukung penuh adanya sistem ini.