Pengaruh Brand Community Affect Dan Brand Community Trust Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Community Commitment (Survei Online Pada Pelanggan Sepatu Kasual Adidas Di Komunitas 3 Foil

Main Author: Cahyani, Retno Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165947/1/Retno%20Dwi%20Cahyani.pdf
http://repository.ub.ac.id/165947/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect terhadap brand community commitment, 2) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect terhadap brand loyalty, 3) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community trust terhadap brand community commitment, 4) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community trust terhadap brand loyalty, 5) Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community commitment terhadap brand loyalty. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei online yang disebarkan kepada anggota Komunitas 3 Foil ID melalui media sosial yaitu situs jejaring sosial Facebook sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Brand Community Affect (X1) berpengaruh signifikan terhadap Brand Community Commitment (Y1) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.500 dan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05). Variabel Brand Community Affect (X1) berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty (Y2) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.383 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 (0,000 < α = 0,05). Variabel Brand Community Trust (X2) berpengaruh signifikan terhadap Brand Community Commitment (Y1) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.382 dan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05). Variabel Brand Community Trust (X2) berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty (Y2) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.395 dan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05). Variabel Brand Community Commitment (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty (Y2) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.679 dan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Brand Community Commitment berfungsi sebagai Mediator Parsial. Hal itu dikarenakan variabel Brand Community Affect dan Brand Community Trust dapat berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty dengan atau tanpa peran mediator dari Brand Community Commitment. Rekomendasi penelitian yang ditemukan adalah untuk mengembangkan penelitian, mengujinya pada komunitas lain dan mengembangkannya dengan menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi keempat variabel tersebut.