Layanan Teknis Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Sumenep (Studi di Perpustakaan SMPN 6 Sumenep)
Main Author: | Wibawanto, Mohammad Novan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165931/1/Mohammad%20Novan%20Wibawanto.pdf http://repository.ub.ac.id/165931/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian yang sederhana, menyediakan bahan bacaan guna menambah ilmu pengetahuan, dan tempat berkreasi yang sehat di sela kegiatan rutin dalam belajar. Pembinaan perpustakaan pada dasarnya merupakan kelanjutan setelah pembentukan atau pendirian perpustakaan selesai dan pengelolaan berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pembinaan perpustakaan sekolah serta faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara melakukan pengamatan, wawancara, dan juga pengumpulan data melalui dokumen. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Model Interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, yang terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan teknis perpustakaan sekolah berjalan kurang baik, sehingga perlu adanya bina teknis yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep adalah bina teknis yang mencakup survei minat pemakai, dilaksanakan dengan cara memberikan tempat untuk menyampaikan saran maupun kritikan dalam sebuah kotak saran yang diharapkan dapat memudahkan siswa menyampaikan pendapatnya mengenai buku atau koleksi yang diingikan. Pengadaan koleksi, dilakukan dengan pembelian disesuaikan dengan anggaran yang ada, hadiah yang didapat dari pihak lain berupa koran dan majalah, atau sumbangan dari siswa kelas 3 yang akan lulus. Klasifikasi, klasifikasi yang digunakan adalah DDC yang dibuat berdasarkan nomor klasifikasi utama saja untuk mempermudah dan menghemat waktu siswa saat mencari buku atau koleksi di rak. Kelengkapan pustaka, setiap buku dibuatkan label, kartu buku, kantong buku, slip tanggal kembali, dan sampul. Label ditempelkan pada punggung buku kurang lebih 3 cm dari ujung bawah. Bina teknis yang telah dilaksanakan tersebut memberikan hasil yang cukup baik dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga perpustakaan dapat memberikan layanan pada penggunanya secara maksimal. Terdapat beberapa faktor yang mendukung dalam bina teknis perpustakaan sekolah, di antaranya: dukungan dari sumber daya manusia atau pengelola perpustakaan, tersedianya dana dari pihak sekolah, kontribusi siswa dalam pengadaan buku baru, serta tersedianya sarana dan prasarana perpustakaan. Faktor penghambat dalam layanan teknis perpustakaan yaitu keterbatasan waktu serta tenaga perpustakaan dalam menangani pekerjaan perpustakaan sekolah serta kurang luasnya gedung untuk memenuhi kebutuhan ruang perpustakaan sekolah.