Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kualitas Pelayanan dan Implikasinya Pada Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung)

Main Author: Kristiyaningsih, Ani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165924/1/Ani%20Kristiyaningsih.pdf
http://repository.ub.ac.id/165924/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan modernisasi administrasi perpajakan merupakan suatu proses pembaharuan dalam bidang adminsitrasi perpajakan yang bertujuan untuk menyempurnakan sistem administrasi dan kinerja sumber daya manusia sehingga akan meningkatkan kualitas pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada Wajib Pajak dengan tujuan memotivasi Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi administrasi perpajakan terhadap kualitas pelayanan dan implikasinya pada motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan di KPP Pratama Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh melalui data internal dari KPP Pratama Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Tulungagung. Sampel yang diolah sebanyak 79 responden dengan menggunakan teknik accidental. Metode analisis menggunakan path, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel modernisasi administrasi perpajakan berpengaruh siginifikan dan positif terhadap kualitas pelayanan dan motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiba perpajakan, tetapi variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap motivasi Wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan kontribusi modernisasi administrasi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap motivasi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan sebesar 37,2% dan sisanya sebesar 62,8% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Rekomendasi untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulungagung agar dapat mengoptimalkan server website sehingga gangguan dalam mengakses pelayanan onlinenya dapat berkurang serta menambah fasilitas dan aparat pajaknya agar pelayanan dapat dilakukan lebih cepat dan mudah bagi Wajib Pajak.