Pelayanan Jaminan Sosial Veteran Republik Indonesia Di Kanminvetcad V/28 Kota Malang

Main Author: Rahmadani, Devitasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165889/1/Devitasari%20Rahmadani.pdf
http://repository.ub.ac.id/165889/
Daftar Isi:
  • Demi menjamin jaminan sosial Veteran Republik Indonesia, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 2012 tentang hak-hak veteran Republik Indonesia yang merupakan dasar hukum untuk menjamin para veteran untuk mendapatkan hak-haknya sebagai pahlawan khususnya jaminan sosial yang telah tercantum dalam pasal 12 UU No 15 Tahun 2012. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah membentuk instansi pemerintahan untuk melayani veteran dalam mendapatkan hak-haknya. Instansi tersebut ialah Kanminvetcad, Babinminvetcad, dan Ditjen Pothan. Kanminvetcad sebagai instansi pemerintah yang berinteraksi langsung dengan veteran diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan baik dan maksimal. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Kanminvetcad V/28 Kota Malang. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya adalah peneliti sendiri dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Masalah waktu pelayanan yang lama, sarana dan prasarana yang perlu perbaikan hingga komunikasi kepada veteran yang terhambat oleh faktor umur veteran yang sudah tua menjadi masalah dalam pelayanan kepada veteran. Untuk itu Kanminvetcad perlu melakukan perbaikan terhadap hambatan yang ada dalam memberikan pelayanan kepada veteran. Sehingga pelayanan jaminan sosial dapat berjalan dengan baik.