Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Faktur Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak
Main Author: | Ismoyo, Trinandha Yudha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165846/1/TRINANDHA%20YUDHA%20ISMOYO.pdf http://repository.ub.ac.id/165846/ |
Daftar Isi:
- Semakin berkembangnya dunia perekonomian membawa dampak positif terhadap bertambahnya penerimaan pendapatan Negara dari sektor perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia selaku penanggung jawab melakukan berbagai upaya dan terobosan akan pelayanan. Salah satu terobosan inovasi dalam sistem administrasi perpajakan adalah e-Faktur. Program e-Faktur ini telah dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang ada Di Indonesia, salah satunya adalah KPP Pratama Malang selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Pengaruh program e-Faktur terhadap kualitas pelayanan publik; (2) Pengaruh program e-Faktur terhadap Kepatuhan PKP. Sumber data yang digunakan peneliti berdasarkan dari Kuesioner yang telah dijawab oleh responden. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pada inovasi yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui program e-Faktur memiliki pengaruh yang terhadap kualitas pelayanan dan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak yang ada di KPP Pratama Malang selatan. Penelitian ini membuktikan bahwa pernyataan atas inovasi yang dilakukan oleh DJP melalui Program E-Faktur memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik dan kepatuhan PKP akan faktur pajaknya. Ini dibuktikan dengan adanya hasil uji statistik dari kuesioner yang telah dikumpulkan dilapangan sebesar 66,6% untuk hubungan program e-Faktur dengan kualitas pelayanan publik. Dan sebesar 27,1% untuk hubungan program e-Faktur dengan kepatuhan PKP. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah dari Program e-Faktur yang telah berjalan dalam meningkatkan pelayanan publik masih butuh perhatian khusus. terutama sosialisasi, Karena masyarakat terutama PKP sebagian masih belum paham terhadap program tersebut. Dan fasilitas akan akses menuju sistem e-Faktur dipermudah lagi terutama kehandalan akses informasi dan perbaikan data.