Analisis City Branding “The Heart of East Java” Pada Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survey Pada Wisatawan yang Berkunjung ke Kabupaten Malang)

Main Author: Putra, Dzaky Aldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165827/1/Dzaky%20Aldo%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/165827/
Daftar Isi:
  • Tujuan pengembangaan industri pariwisata adalah meningkatkan devisa negara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan industri pariwisata guna meningkatkan devisa negara, salah satunya adalah Branding. Branding dalam industri pariwisata dapat diaplikasikan kepada sebuah kota dalam bentuk city branding. Tujuan pembuatan city branding adalah menarik minat wisatawan sehingga memutuskan untuk berkunjung. Beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan city branding sebagai strategi untuk mendatangkan wisatawan. Salah satu daerah yang sudah menerapkan city branding untuk mendatangkan wisatawan adalah Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari city branding terhadap minat berkunjung, pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang sebanyak 113 responden yang didapatkan dengan menggunakan penentuan sampel purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik, baik deskriptif maupun path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa city branding berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil penelitian ini juga menjelaskan jika city branding memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan berkunjung dengan melalui minat berkunjung dibandingkan pengaruh langsung city branding terhadap keputusan berkunjung.