Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu

Main Author: Suliyanto, Abdiel Remalya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165795/1/Abdiel%20Remalya%20Suliyanto.pdf
http://repository.ub.ac.id/165795/
Daftar Isi:
  • Industri pariwisata saat ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi pendapatan devisa dari suatu negara, tidak terkecuali Indonesia. Indonesia berusaha untuk memanfaatkan dan mengelola industri pariwisata ini dengan sebaik baiknya agar setiap daerah yang ada di Indonesia dapat secara mandiri memanfaatkan dan mengelola pariwisata yang ada di daerahnya masing masing dan memberi dampak yang positif bagi daerah tersebut. Kota Wisata Batu adalah salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur yang fokus terhadap pengembangan wisata, khususnya melalui ruang terbuka hijau. Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu adalah salah satu ruang terbuka hijau yang masih sepi kunjungannya dikarenakan kurangnya promosi tentang keberadaan Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu ini, sehingga peneliti mengangkat judul “Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu”. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan analisis reduksi data, model data (data display) dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian didapat bahwa strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata adalah: 1. Periklanan (Advertising) 2. Promosi Penjualan (Sales Promotion) 3. Personal Selling 4. Hubungan Masyarakat (Public Relation) 5. Word of Mouth Marketing (WoMM) 6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata yang berasal dari internal maupun eksternal. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyarankan agar baik dari pihak wisatawan, stake holder, dan pengelola Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu lebih terlibat secara aktif dalam strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu agar pada waktu yang akan datang Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu tidak menjadi sepi lagi.