Analisis Penerapan Kenaikan Tarif Pajak Reklame dan Dampaknya terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Kota Malang (studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)
Main Author: | Maharani, Dinda Utari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165751/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan pemerintah berupa kenaikan tarif pajak reklame, hambatan-hambatan yang dialami dan dampak kenaikan tarif pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kenaikan tarif pajak reklame yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan daerah Kota Malang melawati tiga tahapan sebelum dilakukan penerapan. Hal ini sesuai dengan tahapan kebijakan public menurut Dunn yaitu tahap penyusunan agenda, tahap formulasi kebijakan, dan tahap adopsi kebijakan. Penerapan kenaikan tarif pajak reklame, selama masa awal penerapannya mengalami beberapa kendala. Kendala penerapan kenaikan tarif pajak reklame tersebut diantaranya adalah masih adanya wajib pajak yang belum mengetahui peraturan kenaikan tarif reklame dan wajib pajak yang merasa keberatan dengan kenaikan tarif pajak reklame. Dampak kenaikan tarif pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah dapat dari penerimaan pajak reklame tahun 2014 meningkat drastis dari tahun 2013. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah wajib pajak reklame yang menurun drastis dari tahun sebelum kenaikan tarif sebagai salah satu tujuan dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang untuk mengurangi reklame yang terpasang di Kota Malang demi estetika kota.