Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)
Main Author: | Jehuman, Emerensi Surya Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf http://repository.ub.ac.id/165748/ |
ctrlnum |
165748 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165748/</relation><title>Evaluasi Kebijakan
Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kota Malang)</title><creator>Jehuman, Emerensi Surya Diana</creator><subject>303.38 Public opinion</subject><description>Penelitian ini di latarbelakangi permasalah dari banyak faktor yang
mempengaruhi keterlambatan perekaman e-KTP di Kota Malang yaitu
karena adanya penduduk pindah tempat namun belum melakukan
pencabutan berkas, selain itu masih banyak data warga yang belum valid,
dan juga warga yang meninggal dunia tapi belum di laporkan dan masih
rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki e-KTP,
sehingga membuat pemerintah sedikit kewalahan dalam melakukan
pendataan. Selain permasalahan yang muncul dari target perekaman yang
belum terselesaikan, pelayanan yang berbelit- belit, waktu pelayanan yang
sangat lama, sistem calo, hingga pegawai yang masih menerima cip dari
pemohon pengurusan. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui dan
mendeskripsikan evaluasi kebijakan pelayanan di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dan mengetahui faktor
pendorong dan penghambat kebijakan pelayanan e-KTP di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan model
interaktif oleh Mile Huberman dan Saldana yang terdiri dari penyajian
data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian evaluasi kebijakan di temukan permasalahan
baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah sendiri. Masih banyak
permasalahan pelayanan yang belum terselesaikan diantaranya masih
banyak masyarakat atau penduduk yang belum mendapatkan fisik e-KTP,
masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan data ganda penduduk akibat
duplicate record. Anggaran yang sudah diberikan besar tetapi hasil
kebijkan belum seuntuhnya tercapai. Namun sudah ada upaya untuk dapat
mengefisenkan pelayanan dengan cara pembaharuan KTP menjadi seumur
hidup. Masih banyak di temukan permasalahan sehingga permasalahan
belum sepenuhnya terselesaikan. Mengadakan program jemput bola ke
tiap-tiap desa walaupun masih banyak masyarakat yang belum mendapat
fisik e-KTP. Masih banyak permasalahakan yang belum terselesaikan
dianataranya masih adanaya sistem percaloan, waktu pelayanan yang tidak
sesuai ketentuan yang sudah di tetapan. Membuat banyak masyarakat
respon negative dan belum puas dengan pelayanan yang diberikan.
Namun pelayanan yang di berikan dapat dikatakan tercapai sebab
latarbelakang e-KTP yakni karena permasalahan yang terjadi pada saat
masih menggunakan KTP Konvensional.
Oleh karena itu sehrusnya melakukan sosialisasi kepada tiap-tiap
daerah, berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan terlait
permasalahan yang terjadi dan mengoptimalkan program jemput bola
ketipa-tiap desa, terlebih khusus kepada masyarakat yang belum
mendapatkan fisik e-KTP.</description><date>2018-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf</identifier><identifier> Jehuman, Emerensi Surya Diana (2018) Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/1175/051901215</relation><recordID>165748</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jehuman, Emerensi Surya Diana |
title |
Evaluasi Kebijakan
Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kota Malang) |
publishDate |
2018 |
topic |
303.38 Public opinion |
url |
http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf http://repository.ub.ac.id/165748/ |
contents |
Penelitian ini di latarbelakangi permasalah dari banyak faktor yang
mempengaruhi keterlambatan perekaman e-KTP di Kota Malang yaitu
karena adanya penduduk pindah tempat namun belum melakukan
pencabutan berkas, selain itu masih banyak data warga yang belum valid,
dan juga warga yang meninggal dunia tapi belum di laporkan dan masih
rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki e-KTP,
sehingga membuat pemerintah sedikit kewalahan dalam melakukan
pendataan. Selain permasalahan yang muncul dari target perekaman yang
belum terselesaikan, pelayanan yang berbelit- belit, waktu pelayanan yang
sangat lama, sistem calo, hingga pegawai yang masih menerima cip dari
pemohon pengurusan. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui dan
mendeskripsikan evaluasi kebijakan pelayanan di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dan mengetahui faktor
pendorong dan penghambat kebijakan pelayanan e-KTP di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan model
interaktif oleh Mile Huberman dan Saldana yang terdiri dari penyajian
data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian evaluasi kebijakan di temukan permasalahan
baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah sendiri. Masih banyak
permasalahan pelayanan yang belum terselesaikan diantaranya masih
banyak masyarakat atau penduduk yang belum mendapatkan fisik e-KTP,
masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan data ganda penduduk akibat
duplicate record. Anggaran yang sudah diberikan besar tetapi hasil
kebijkan belum seuntuhnya tercapai. Namun sudah ada upaya untuk dapat
mengefisenkan pelayanan dengan cara pembaharuan KTP menjadi seumur
hidup. Masih banyak di temukan permasalahan sehingga permasalahan
belum sepenuhnya terselesaikan. Mengadakan program jemput bola ke
tiap-tiap desa walaupun masih banyak masyarakat yang belum mendapat
fisik e-KTP. Masih banyak permasalahakan yang belum terselesaikan
dianataranya masih adanaya sistem percaloan, waktu pelayanan yang tidak
sesuai ketentuan yang sudah di tetapan. Membuat banyak masyarakat
respon negative dan belum puas dengan pelayanan yang diberikan.
Namun pelayanan yang di berikan dapat dikatakan tercapai sebab
latarbelakang e-KTP yakni karena permasalahan yang terjadi pada saat
masih menggunakan KTP Konvensional.
Oleh karena itu sehrusnya melakukan sosialisasi kepada tiap-tiap
daerah, berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan terlait
permasalahan yang terjadi dan mengoptimalkan program jemput bola
ketipa-tiap desa, terlebih khusus kepada masyarakat yang belum
mendapatkan fisik e-KTP. |
id |
IOS4666.165748 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:50:35Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:50:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454161291968512 |
score |
17.538404 |