Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Main Author: Jehuman, Emerensi Surya Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf
http://repository.ub.ac.id/165748/
ctrlnum 165748
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165748/</relation><title>Evaluasi Kebijakan&#xD; Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan&#xD; Sipil Kota Malang)</title><creator>Jehuman, Emerensi Surya Diana</creator><subject>303.38 Public opinion</subject><description>Penelitian ini di latarbelakangi permasalah dari banyak faktor yang&#xD; mempengaruhi keterlambatan perekaman e-KTP di Kota Malang yaitu&#xD; karena adanya penduduk pindah tempat namun belum melakukan&#xD; pencabutan berkas, selain itu masih banyak data warga yang belum valid,&#xD; dan juga warga yang meninggal dunia tapi belum di laporkan dan masih&#xD; rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki e-KTP,&#xD; sehingga membuat pemerintah sedikit kewalahan dalam melakukan&#xD; pendataan. Selain permasalahan yang muncul dari target perekaman yang&#xD; belum terselesaikan, pelayanan yang berbelit- belit, waktu pelayanan yang&#xD; sangat lama, sistem calo, hingga pegawai yang masih menerima cip dari&#xD; pemohon pengurusan. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui dan&#xD; mendeskripsikan evaluasi kebijakan pelayanan di Kantor Dinas&#xD; Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dan mengetahui faktor&#xD; pendorong dan penghambat kebijakan pelayanan e-KTP di Kantor Dinas&#xD; Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan&#xD; pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan model&#xD; interaktif oleh Mile Huberman dan Saldana yang terdiri dari penyajian&#xD; data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Dari hasil penelitian evaluasi kebijakan di temukan permasalahan&#xD; baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah sendiri. Masih banyak&#xD; permasalahan pelayanan yang belum terselesaikan diantaranya masih&#xD; banyak masyarakat atau penduduk yang belum mendapatkan fisik e-KTP,&#xD; masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan data ganda penduduk akibat&#xD; duplicate record. Anggaran yang sudah diberikan besar tetapi hasil&#xD; kebijkan belum seuntuhnya tercapai. Namun sudah ada upaya untuk dapat&#xD; mengefisenkan pelayanan dengan cara pembaharuan KTP menjadi seumur&#xD; hidup. Masih banyak di temukan permasalahan sehingga permasalahan&#xD; belum sepenuhnya terselesaikan. Mengadakan program jemput bola ke&#xD; tiap-tiap desa walaupun masih banyak masyarakat yang belum mendapat&#xD; fisik e-KTP. Masih banyak permasalahakan yang belum terselesaikan&#xD; dianataranya masih adanaya sistem percaloan, waktu pelayanan yang tidak&#xD; sesuai ketentuan yang sudah di tetapan. Membuat banyak masyarakat&#xD; respon negative dan belum puas dengan pelayanan yang diberikan.&#xD; Namun pelayanan yang di berikan dapat dikatakan tercapai sebab&#xD; latarbelakang e-KTP yakni karena permasalahan yang terjadi pada saat&#xD; masih menggunakan KTP Konvensional.&#xD; Oleh karena itu sehrusnya melakukan sosialisasi kepada tiap-tiap&#xD; daerah, berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan terlait&#xD; permasalahan yang terjadi dan mengoptimalkan program jemput bola&#xD; ketipa-tiap desa, terlebih khusus kepada masyarakat yang belum&#xD; mendapatkan fisik e-KTP.</description><date>2018-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf</identifier><identifier> Jehuman, Emerensi Surya Diana (2018) Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/1175/051901215</relation><recordID>165748</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jehuman, Emerensi Surya Diana
title Evaluasi Kebijakan Pelayanan e-KTP (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)
publishDate 2018
topic 303.38 Public opinion
url http://repository.ub.ac.id/165748/7/Emerensi%20Surya%20Diana%20Jehuman.pdf
http://repository.ub.ac.id/165748/
contents Penelitian ini di latarbelakangi permasalah dari banyak faktor yang mempengaruhi keterlambatan perekaman e-KTP di Kota Malang yaitu karena adanya penduduk pindah tempat namun belum melakukan pencabutan berkas, selain itu masih banyak data warga yang belum valid, dan juga warga yang meninggal dunia tapi belum di laporkan dan masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki e-KTP, sehingga membuat pemerintah sedikit kewalahan dalam melakukan pendataan. Selain permasalahan yang muncul dari target perekaman yang belum terselesaikan, pelayanan yang berbelit- belit, waktu pelayanan yang sangat lama, sistem calo, hingga pegawai yang masih menerima cip dari pemohon pengurusan. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi kebijakan pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat kebijakan pelayanan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan model interaktif oleh Mile Huberman dan Saldana yang terdiri dari penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian evaluasi kebijakan di temukan permasalahan baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah sendiri. Masih banyak permasalahan pelayanan yang belum terselesaikan diantaranya masih banyak masyarakat atau penduduk yang belum mendapatkan fisik e-KTP, masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan data ganda penduduk akibat duplicate record. Anggaran yang sudah diberikan besar tetapi hasil kebijkan belum seuntuhnya tercapai. Namun sudah ada upaya untuk dapat mengefisenkan pelayanan dengan cara pembaharuan KTP menjadi seumur hidup. Masih banyak di temukan permasalahan sehingga permasalahan belum sepenuhnya terselesaikan. Mengadakan program jemput bola ke tiap-tiap desa walaupun masih banyak masyarakat yang belum mendapat fisik e-KTP. Masih banyak permasalahakan yang belum terselesaikan dianataranya masih adanaya sistem percaloan, waktu pelayanan yang tidak sesuai ketentuan yang sudah di tetapan. Membuat banyak masyarakat respon negative dan belum puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun pelayanan yang di berikan dapat dikatakan tercapai sebab latarbelakang e-KTP yakni karena permasalahan yang terjadi pada saat masih menggunakan KTP Konvensional. Oleh karena itu sehrusnya melakukan sosialisasi kepada tiap-tiap daerah, berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan terlait permasalahan yang terjadi dan mengoptimalkan program jemput bola ketipa-tiap desa, terlebih khusus kepada masyarakat yang belum mendapatkan fisik e-KTP.
id IOS4666.165748
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:50:35Z
last_indexed 2021-10-28T07:50:04Z
recordtype dc
_version_ 1751454161291968512
score 17.538404