Pengaruh Sertifikasi Akad Halal, Kelompok Referensi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bakso Kota Cak Man)
Main Author: | Nasution, Abdul Rahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165742/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang selain terkenal dengan Kota Apel juga identik dengan bakso, sehingga tidak diragukan lagi bahwa produsen bakso di Kota Malang memiliki jumlah yang banyak. Seiring dengan banyaknya produsen bakso menyebabkan perkembangan pandangan masyarakat terhadap makanan halal semakin meningkat. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat di Kota Malang adalah muslim. Jumlah masyarakat yang beragama Islam di Kota Malang ada 729.416 jiwa dari 820.243 jiwa. Artinya 88% masyarakat di kota Malang beragama Islam. Untuk mendapatkan respon atas tuntutan konsumen tersebut, produsen berusaha untuk mendaftarkan produknya menjadi makanan halal. Selain dari makanan halal, perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh harga dan kelompok referensi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi akad halal, kelompok referensi dan harga terhadap keputusan pembelian serta variabel mana yang lebih berpengaruh. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda, kelebihan metode ini adalah mampu menganalisis dengan menggunakan beberapa variabel bebas sehingga hasil prediksi yang didapatkan lebih akurat, kekuarangannya adalah tidak mampu menunjukkan titik jenuh fungsi yang sedang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan variabel sertifikasi akad halal (X1) dan harga (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Bakso Kota Cak Man, sedangkan variabel kelompok referensi (X2) tidak berpengaruh. Variabel yang paling berpengaruh adalah harga (X3) kemudian selanjutnya adalah variabel sertifikasi akad halal (X1). Didapatkan nilai koefisien viii determinasi sebesar 20,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh sertifikasi akad halal, kelompok referensi dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 20,8%.