Pengaruh Trend Fashion terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda cabang Malang)

Main Author: Sari, Dian Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165703/1/Dian%20Novita%20Sari.pdf
http://repository.ub.ac.id/165703/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) pengaruh signifikan variabel Trend Fashion yang terdiri dari Gaya yang Diterima (X1), Mayoritas Kelompok (X2), Siklus Waktu (X3), dan Pemimpin Opini (X4) parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Produk (Y), (2) variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang yang mengunjungi Butik Ria Miranda cabang Malang dan terdapat 112 orang responden yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel – variabel Trend Fashion yang terdiri dari Gaya yang Diterima (X1), Mayoritas Kelompok (X2), Siklus Waktu (X3), dan Pemimpin Opini (X4) secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk (Y). Secara simultan F hitung yaitu 116,428 dan Ftabel 2.46 nilai sig.F0,000. Sedangkan secara parsial variabel Gaya yang Diterima (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,128, Mayoritas Kelompok (X2) menunjukkan nilai t hitung 2,8, Siklus Waktu (X3) menunjukkan nilai t hitung 2,565, dan Pemimpin Opini (X4) menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,046. Diketahui juga variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk (Y) adalah Gaya yang Diterima (X1). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel – variabel yang terdapat dalam Trend Fashion secara simultan dan parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk, variabel Gaya yang Diterima (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Produk(Y).