Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca terhadap Prestasi Belajar (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang
Main Author: | Wardani, Dewi Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165696/1/Dewi%20Wahyu%20Wardani.pdf http://repository.ub.ac.id/165696/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Namun perpustakaan sekolah tidak akan berarti jika tidak digunakan secara efektif. Efektivitas dari pemanfaatan perpustakaan sekolah meliputi frekuensi berkunjung keperpustakaan untuk memanfaatkan bahan pustaka, peminjaman bahan pustaka, dan waktu yang digunakan untuk memanfaatkan perpustakaan bahan pustaka. Dengan adanya minat baca dapat mendorong seseorang untuk lebih giat memperluas pengetahuannya. Semakin tinggi minat baca pada diri seseorang maka akan semakin luas pengetahuannya dan semakin tinggi pula prestasi belajar yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh variabel X1 terhadap variabel X2 di MTs Negeri 1 Malang. (2) pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y di MTs Negeri 1 Malang. (3) pengaruh variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y di MTs Negeri 1 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 1 Malang yang terdiri dari 3 tingkatan yaitu kelas VII, VIII, IX dengan jumlah populasi 973 siswa dan diambil sampel sebanyak 283 siswa. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. t sebesar (0,000) < α (0,05) dan thitung (5,519) dan ttabel (1,650), untuk analisis pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. t sebesar (0,002) < α (0,05) dan thitung (3,128) dan ttabel (1,650). Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. F sebesar (0,000) < α (0,05) dan Fhitung (40,359) > Ftabel (3,03). Selain itu, dari hasil analisis regresi besar R Square sebesar 0,223, hal ini berarti 22,3% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X1 dan X2 sedangkan sisanya sebesar 56,7% disebabkan oleh variabel lain diluar variabel X1 dan X2 yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di MTs Negeri 1 Malang.