Pemanfaatan E-Journal Emerald Insight Yang Dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna (Studi Pada Pengguna Perpustakaan Universitas Brawijaya)

Main Author: Handiadi, Taufik Fajril
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165686/1/Taufik%20Fajril%20Handiadi.pdf
http://repository.ub.ac.id/165686/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 91 responden dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menetukan responden berdasarkan pengalaman menggunakan ejournal Emerald Insight diperpustakaan Universitas Brawijaya. Berdasarkan analisis korelasi menggunakan SPSS 24, hubungan antara X1 (Faktor Internal) dengan Y (Pemanfaatan e-journal) didapatkan nilai koefisien sebesar 0,634. Sedangkan korelasi antara X2 (Faktor Eksternal) dengan Y (Pemanfaatan e-journal) didapatkan nilai koefisien sebesar 0,538. Dari kedua hubungan tersebut dapat dikategorikan positif karena mendekati angka 1, namun korelasi antara X2 (Faktor Eksternal) dengan Y (Pemanfaatan e-journal) memiliki nilai yang berada di bawah X1 sehingga variabel X1memiliki pengaruh yang lebih dominan jika dibandingkan dengan variabel X2. Hasil analisis linier berganda antara variabel independen, yaitu faktor internal (X1) dan Faktor eksternal (X2) dengan variabel dependen pemanfaatan e-journal (Y) memiliki nilai sebesar 0,697 artinya variabel independen dan dependen memiliki hubungan yang erat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tingkat pemanfaatan e-journal Emerald Insight di perpustakaan Universitas Brawijaya dapat dikategorikan baik atau tinggi dengan dominasi penagaruh dari faktor internal sehingga perlu dilakukan upaya lain untuk meningkatkan pemanfaatan koleksi khususnya pada e-journal Emerald Insight di perpustakaan Universitas Brawijaya seperti perbaikan manajemen, evaluasi layanan e-journal hingga promosi.