Pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle (Survei pada Pengguna Produk Fashion Pria di Kota Malang)
Main Author: | Winarto, Juandhika Kevin Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165684/1/Juandhika%20Kevin%20Putra%20Winarto.pdf http://repository.ub.ac.id/165684/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan bagaimana karakteristik responden produk fashion pria di Kota Malang, (2) mengetahui dan menjelaskan faktor –faktor yang membentuk Hedonic Shopping Motives, (3) mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh determinan Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Hedonic Shopping Motives, dan Shopping Lifestyle. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pria pengguna produk fashion di Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Insidental Sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis statistik inferensial (Analisis Faktor Eksploratori dan Analisis Regresi). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 23 for Mac. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang membentuk Hedonic Shopping Motives, yaitu Faktor Value Shopping (F1), Faktor Idean Shopping (F2), Faktor Social Shopping (F3), Faktor Adventure Shopping (F4) yang berpengaruh signifikan terhadap Shopping Lifestyle (Y). Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor Value Shopping (F1) merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Shopping Lifestyle (Y). Berdasarkan dari hasil penelitian sebaiknya bagi pelaku bisnis atau pemasar dapat menciptakan suasana berbelanja yang nyaman dari segi produk, pelayanan dan kemudahan berbelanja. Suasana berbelanja yang nyaman dari segi produk yaitu pelaku bisnis atau pemasara dapat memberikan penawaran-penawaran terbaik berupa potongan harga atau diskon sehingga dapat memenuhi Value Shopping masyarakat pria pengguna produk fashion di Kota Malang.