Analisis Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Freight Forwarder Dalam Menunjang Aktivitas Ekspor Dan Impor (Studi kasus pada PT. Pertamina Trans Kontinental Branch Surabaya)
Main Author: | Zulkifli, Fahmy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165619/1/Fahmy%20Zulkifli.pdf http://repository.ub.ac.id/165619/ |
Daftar Isi:
- Salah satu cara agar perusahaan dapat bertahan dengan kesulitan-kesulitan yang ada di pasar Internasional, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat. Kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah-ubah dapat mempengaruhi strategi yang akan digunakan dengan harapan dapat tercapainya suatu tujuan yang diinginkan. Sebelum strategi pemasaran dipakai dalam suatu perusahaan, harus dilihat dulu kondisi pasar sekaligus menilai dimana posisi pada pasar tersebut, hal itu bertujuan supaya dapat ditentukan kegiatan pemasaran apa yang pas untuk diterapkan di pasar tersebut. Ketika semua hal sudah dilakukan dengan baik, strategi pemasaran dapat dikatakan berhasil bila dilihat dari tercapainya sebuah tingkat kepuasan yang diharapkan oleh suatu perusahaan. Pemasaran yang dilakukan PT. Pertamina Trans Kontinental masih memiliki peluang dan kesempatan yang luas. Namun untuk memanfaatkan peluang yang ada, perusahaan perlu memahami faktor-faktor dari lingkungan internal dan eksternal yang ada. Perusahaan dapat bertahan di dunia bisnis yang semakin ketat ini tergantung pada respon perusahaan pada lingkungan di sekitarnya. PT. Pertamina Trans Kontinental memiliki beberapa peluang, antara lain keadaan demografi dan perekonomian negara Indonesia, peningkatan kegiatan eksplorasi minyak ke wilayah offshore secara langsung, PTK memanfaatkan posisinya sebagai anak perusahaan PT. Pertamina, dan kuatnya dukungan pemerintah. Selain itu PT. Pertamina Trans Kontinental juga memiliki ancaman, diantaranya ancaman pendatang baru, para pesaing di dalam Industri sejenis, ancaman produk subtitusi, dan penentuan harga dan pendapatan perusahaan yang masih bergantung pada harga minyak dunia. Dari analisis internal PT. Pertamina Trans Kontinental memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan. Kekuatan yang dimiliki PT. Pertamina Trans Kontinental antara lain yaitu kualitas jasa yang terjamin dikarenakan perusahaan sudah memiliki sertifikasi internasional, PT. Pertamina Trans Kontinental merupakan perusahaan keagenan kapal terlengkap di seluruh Indonesia, tidak semua perusahaan sejenis memiliki lepas pantai pribadi namun PT. Pertamina Trans Kontinental menunjukkan kelebihannya yaitu dengan memiliki lepas pantai pribadi serta menguasai lahan lahan strategis, memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, keadaan perusahaan yang kuat berdasarkan laporan keuangan. Ada pun kelemahan dari PT. Pertamina Trans Kontinental yaitu, terbatasnya jumlah armada kapal milik serta teknologi yang dirasa masih tertinggal.