Pengembangan Program Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning (Studi Kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu)

Main Author: Abdurrahman, M. Asyiq
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165596/1/M.%20Asyiq%20Abdurrahman.pdf
http://repository.ub.ac.id/165596/
Daftar Isi:
  • Bencana merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari begitu saja oleh manusia. Fenomena tersebut dapat terjadi setiap saat, secara tiba-tiba atau melalui proses yang berlangsung secara perlahan dimanapun dan kapanpun. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu sebagai instansi yang bertanggungjawab terhadap kejadian bencana alam maupun non-alam perlu melakukan beberapa upaya untuk mengurangi resiko bencana yang terjadi. Kegiatan mitigasi bencana oleh BPBD Kota Batu dengan mengembangkan program mitigasi bencana dan penyuluhan mengenai waspada bencana hingga ke tingkat sekolah dasar/madrasah di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Batu, sedangkan situsnya berada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Program Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dilihat dari: 1) Pelaksanaan Program Mitigasi yang telah dijalankan oleh BPBD Kota Batu yang mengarah pada Pelaksanaan penataan ruang, Pengaturan pembangunan, infrastruktur dan tata bangunan, serta Penyelenggaraan pendidikan, penyuluhan dan pelatihan; 2) Pengembangan Program Mitigasi Bencana pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Kota Batu melalui konsep pembelajaran experiential learning yang mengarah pada Tahap pengalaman nyata, Tahap observasi reflektif, Tahap konseptualisasi, dan Tahap implementasi; dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Program Mitigasi Bencana pada Anak Sekolah Berbasis Experiential Learning di Kota Batu.